ads

3 Jenis Surat Berdasar Keamanan Isinya


Berdasarkan keamanan isinya surat dapat digolongkan menjadi tiga jenis. Baiklah kali ini kita akan belajar macam-macam jenis surat menurut isinya :
Gambar Amplot Surat Pink

a. Surat sangat rahasia

Surai sangat rahasia adalah surat-sarat yang biasanya digunakan mengirim surat-surat yang berhubungan dengan keamanan negara atau surat- surat yang berapa dokumen negara, supaya surat ini jangan sampai jatuh ketangan orang yang berbahaya yang akan membahayakan masyarakat atau bangsa dan negara.

Contoh.:
- Surat-surat yang berhubungan perang.
- Surat-surat yang berhubungan dengan batas-batas negara.
- Surat-surat yang berhubungan dengan alat-alat perang, nuklir, pesawat. 

Dengan demikian penyampaian harus hati-hati, sampul yang harus di gunakan harus tiga sampul dan caranya :
a.1 Surat atau dokumen telah dimasukkan ke dalam sampul pertama diberi tanda sangat rahasia kemudian dilem dan diberi lakban.
a.2 Sampul pertama dimasukkan ke dalam sampul kedua dalam sampul kedua juga diberi tanda sangat rahasia kemudian dilem dan diberi lakban.
a.3. Sampul kedua dimasukkan kedalam sampul ketiga dan sampul ketiga ini tidak boleh diberi tanda sangat rahasia dan juga tidak boleh di lakban, hanya saja seperti surat hiasa tujuannya supaya tidak mengundang kecurigaan terhadap mereka yang tidak bertanggung jawab.

b. Surat Rahasia

Surat rahasia dalah surat-surat yang isinya harus dirahasiakan atau tidak boleh dibaca oleh orang lain, karena bila jatuh ke tangan orang yang tidak berhak, akan merugikan perusahaan atau instansi tersebut.
Contoh:
- Surat-surat atau dokumen mengenai resep-resep produksi.
- Dokumen atau surat yang berhubungan dengan keuangan perusahaan dan sebagainya.
Cara penyampaiannya dengan menggunakan dua amplop atau sampul yaitu:
b.1 Surat atau dokumen telah dimasukkan ke dalam sampul pertama diberi tanda sangat rahasia kemudian dilem dan diberi lakban.
b.2. Sampul pertama dimasukkan kedalam sampul kedua ini tidak boleh diberi tanda sangat rahasia dan juga tidak boleh di lakban, hanya saja seperti surat hiasa tujuannya supaya tidak mengundang kecurigaan terhadap mereka yang tidak bertanggung jawab.

c. Surat konfidensial

Surat konfidensial adalah surat-surat yang termasuk surat rahasia juga, karena isinya tidak boleh diketahui orang lain, cukup hanya diketahui oleh pejubat yang bersangkutan, karena kalau jatuh kepada orang yang tidak berhak akan mencemarkan nama baik orang tersebut.

Contohnya. 
- Surat laporan tentang karyawan yang korupsi.

0 Comments

0 komentar: